June 6, 2008

Jelang Euro2008 : Portugal vs Turki

Setelah laga pembuka Euro2008 antara Swiss versus Ceko, akan digelar laga Portugal cs Turki. Laga kedua ini akan digelar di Stade de Geneve Minggu dini hari waktu WIB. Menghadapi Portugal catatan statistik kurang bersahabat bagi Turki. Namun, pelatih Fatih Terim bertekad membalikkan itu semua. Satu-satunya kemenangan yang berhasil diraih yakni saat pertama kali bertemu pada 1955, dengan skor 3-1 dari 6 kali laga.

Dua pertempuran terakhir mereka lakoni di Piala Eropa. Di Euro Inggris 1996, Portugal unggul tipis 1-0 lewat gol Fernando Couto. Partai itu merupakan debut pertama Terim di turnamen internasional. Pertemuan selanjutnya terjadi di Euro Belanda-Belgia empat tahun kemudian. Bertarung di babak 8 besar, Turki lagi-lagi harus mengaku kalah. Dua gol Nuno Gomes sukses memupus harapan Turki untuk melaju ke semifinal.

Meski catatan statistik kurang bersahabat, Terim enggan menyerah. Ia bahkan sesumbar ingin memaksa pendukung Portugal menurunkan bendera negara dan menggantikannya dengan lambang bulan bintang milik Turki.

Sementara pelatih Ronaldo dkk, Luiz Felipe Scolari malah bersikap sebaliknya. Kendati jauh lebih unggul dalam segala-galanya, pelatih Portugal itu mengaku cukup puas jika laga yang berlangsung di itu berakhir seri.

No comments: