October 4, 2009

Madrid ditaklukan Sevilla

Sevilla menjadi ujian pertama bagi Real Madrid setelah melalui enam pekan Primera Liga Spanyol tanpa banyak kesulitan. Apalagi, Madrid tampil dengan mengetahui kesuksesan Barcelona meraih angka penuh dari Almeria sehari sebelumnya.

Sejak Primera Liga dimulai, Manolo Jimenez terus berupaya membangkitkan kepercayaan diri Sevilla bahwa mereka bisa mengimbangi kekuatan Madrid dan Barcelona. Di Roman Sanchez Pizjuan, Minggu (4/10) malam, tekad tersebut jadi nyata.

Sevilla mampu mengeksploitasi kekuatan dua sayap mereka. Aksi Jesus Navas dari sektor kanan dan Diego Perotti dari kiri kerap membongkar pertahanan Madrid. Saat mendapat serangan, duet gelandang Renato dan Didier Zokora mampu membendung gebrakan Madrid yang mengandalkan Guti Hernandez. Jimenez juga memilih menurunkan eks pemain Madrid, Alvaro Negredo, sebagai pendamping Luis Fabiano di lini depan.

Ancaman Sevilla berbuah nyata pada menit ke-34. Kerja sama Perotti dengan pemain pengganti Fernando Navarro diakhiri dengan umpan lambung ke jantung pertahanan Madrid. Sekilas umpan tersebut tidak membahayakan dan Marcelo sudah siap mengamankannya. Namun, dalam sepersekian detik, Navas muncul dari arah belakang dan melompat mendahului Marcelo. Sundulan Navas tak bisa dicegah Iker Casillas dan sontak publik Sanchez Pizjuan bersorak gembira.

Semenit berselang muncul kekisruhan di depan kotak penalti tuan rumah. Guti mendapat dilanggar Renato dari belakang dan wasit memberikan tendangan bebas. Tak puas, Zokora menyerang Guti karena menilainya melakukan diving. Perotti ikut memanaskan suasana dengan mencela Guti. Sisa pemain kedua tim sibuk menenangkan rekan masing-masing dan ketiga biang kekisruhan dihadiahi kartu kuning dari wasit Iturralde Gonzalez.

Sesaat sebelum jeda, ancaman Sevilla melalui sayap nyaris memberikan gol kedua. Umpan silang Perotti disambut Renato, yang tanpa pengawalan berarti. Peluang tersebut 90 persen gol. Untungnya, bola tepat ke arah kaki Casillas dan hanya menghasilkan tendangan pojok.

Dua menit usai turun minum, Casillas kembali menyelamatkan Madrid. Aksi Negredo dari sektor kanan diakhiri dengan umpan mendatar ke muka gawang. Perotti menyongsong bola, tapi dengan hanya berjarak kurang dari dua meter, Casillas mampu mengebloknya.

Penyelamatan tersebut terbukti vital karena beberapa detik kemudian, Madrid memperoleh tendangan bebas. Guti melayangkan bola ke arah Pepe. Tanpa pengawasan ekstra, bek asal Portugal ini menaklukkan Andres Palop.

Madrid mendapat angin dan mulai leluasa membangun serangan. Kaka, yang tak terlihat pada babak pertama, beberapa kali melancarkan penetrasi berbahaya. Manuel Pellegrini mencoba meningkatkan agresivitas dengan memasukkan Gonzalo Higuain karena Karim Benzema tampil melempem.

Tak mau kalah, Jimenez menurunkan dua senjata andalannya, berturut-turut Diego Capel dan Frederic Kanoute. Jatah tiga pemain pengganti pun praktis sudah terpakai sejak memasuki menit ke-65.

Semenit berselang, keteledoran barisan belakang Madrid kembali menciptakan petaka. Dari sebuah tendangan pojok, Adriano memberikan umpan kepada Renato yang berdiri bebas tanpa kawalan persis di depan Casillas. Kali ini, Santo Iker tidak mampu menyelamatkan gawangnya. Antisipasi bola-bola silang masih menyisakan pekerjaan rumah bagi Pellegrini.

Gedoran tuan rumah terus mengalir dari dua sayap. Seakan-akan Sevilla tinggal menunggu kelengahan berikutnya dari para pemain lawan. Kecepatan kuartet Fabiano, Kanoute, Capel, dan Navas tidak bisa ditandingi Madrid.

Terdesak, Pellegrini memainkan sisa bidaknya. Rafael van der Vaart masuk menggantikan Mahamadou Diarra, menyusul kemudian Esteban Granero untuk Guti.

Upaya tersebut tak banyak mendatangkan hasil. Madrid sulit mendapatkan peluang bersih di depan gawang Palop. Sevilla mampu mempertahankan keunggulan hingga peluit akhir pertandingan, sekaligus menghadirkan pahitnya kekalahan pertama musim ini kepada Madrid.

Sevilla kini berhasil menyamai perolehan poin Madrid di peringkat kedua klasemen Primera Liga dengan mengantungi 15 poin dari enam laga.

Susunan pemain:
Sevilla
Palop; Dragutinovic, Squillaci / Navarro (23'), Adriano, Konko; Zokora, Renato, Perotti / Capel (58'), Navas; Negredo / Kanoute (65'), Luis Fabiano.
Madrid
Casillas; Pepe, Albiol, Marcelo, Sergio Ramos; M.Diarra / Van der Vaart (73'), Alonso, Guti / Granero (81'); Kaka, Raul, Benzema / Higuain (53').

No comments: