July 10, 2010

Mueller pemain muda tersubur kedua setelah Pele

Gambar

Thomas Mueller main lagi dan langsung bikin gol. Absen di laga semifinal saat Jerman melawan Spanyol, Mueller kembali unjuk ketajaman saat melawan Uruguay untuk perebutan tempat ketiga.

Menjadi salah satu pilar 'Die Mannschaft' pada turnamen Piala Dunia 2010, Mueller berhasil merebut perhatian publik dunia dengan aksinya yang atraktif dan performa yang gemilang.

Bisa bermain di tiga posisi -sebagai gelandang serang, striker ataupun pemain sayap- pemain Bayern Munich ini adalah hasil jebolan timnas junior Jerman.

Karir internasional Mueller bersama Jerman baru dimulai November 2009 silam untuk ujicoba melawan Pantai Gading. Namun, debut Mueller tertunda karena laga tersebut dibatalkan akibat tragedi bunuh diri kiper Jerman Robert Enke.

Sempat "dikembalikan" ke timnas junior Piala Eropa U-21 untuk menambah jam terbang, Mueller baru benar-benar memulai debut saat laga persahabatan melawan Argentina. Laga ini takkan terlupakan Mueller karena dia diremehkan Diego Maradona yang menyebut Mueller sebagai ball-boy.

Di Afrika Selatan, Mueller mulai menunjukkan taringnya. Berawal dari gol pertamanya saat melibas Australia, Mueller seakan tak bisa dihentikan.

Performa puncaknya adalah saat menghadapi Inggris di babak 16 besar dengan mencetak 2 gol. Saat duel dengan Argentina pun, Mueller unjuk gigi di depan Maradona dengan membuka gol pertama bagi Jerman.

Baru akan genap berusia 21 tahun September nanti, Mueller kini tercatat sebagai pemain termuda kedua yang berhasil meraih lima gol sepanjang rekor Piala Dunia, sebagaimana dikutip situs FIFA. Sebelumnya ada legenda Brasil Pele dengan usia 17 tahun 249 hari pada tahun 1958.

Prestasi itu digenapkan Mueller dengan satu golnya ke gawang Uruguay, Minggu (11/7/2010) dinihari WIB. Penampilan apiknya di laga itu pun membuatnya diganjar penghargaan Man of The Match.

Ketiadaan dirinya saat Jerman menghadapi Spanyol di babak semifinal pun disebut-sebut sebagai satu alasan kekalahan timnya. Luar biasa bukan?

Dengan demikian, Jerman saat ini boleh saja gagal membawa pulang trofi juara. Tapi setidaknya Mueller menjanjikan masa depan cerah untuk 'Der Panzer'.

No comments: