June 17, 2010

RAPOR PEMAIN: Prancis 0-2 Meksiko

France vs Mexico,World Cup 2010(Getty Images)

PRANCIS

Lloris: 6 – Bekerja keras untuk mengamankan bola back pass konyol yang sering dilakukan pemain belakang. Terlalu kasar atas terjadinya gol pertama Meksiko.

Sagna: 5 – Tidak mampu mengimbangi pergerakan rekan satu klubnya, Carlos Vela sebelum ditarik keluar. Menjadi kelemahan Prancis, karena sektor kanan mudah ditembus pemain Meksiko, terutama di babak pertama.

Abidal: 4,5 – Performa buruk diperlihatkan bek kiri Prancis ini. Menjadi penyebab terjadinya penalti yang membuat Prancis tertinggal dua gol. Pemain berpengalaman seperti Abidal harusnya bisa bermain lebih baik.

Gallas: 5 – Kembali memperlihatkan permainan yang buruk. Kalah adu lari dengan pemain depan Meksiko, sekalipun berada di belakangnya. Melakukan back pass buruk yang bisa mengancam gawang sendiri.

Evra: 5,5 – Kapten Prancis ini terlihat menangi ketika lagu kebangsaan dinyanyikan. Memperlihatkan performa meyakinkan di awal babak pertama. El Tri jarang melakukan serangan di sektor kiri.


Toulalan: 6 –
Mampu bangkit setelah bermain buruk, dan sering kehilangan bola dengan mudah. Kendati demikian, Toulalan sedikit berkembang di babak kedua. Kartu kuning yang didapatnya membuat dia absen di pertandingan terakhir.

Diaby: 5,5 – Lebih baik dibandingkan pertandingan pertama, namun tidak terlalu maksimal. Hanya sesekali turut membantu serangan, mengingat ia ditempatkan ke posisi lebih ke dalam oleh Domenech.

Govou: 5 – Patut disalahkan atas performa buruknya, sehingga Meksiko bisa merajalela di sektor kanan. Hampir tidak pernah ikut membantu serangan. Performa yang mengecewakan telah diperlihatkan pemain ini.

Ribery: 5 – Salah satu bintang Prancis yang meredup di Piala Dunia kali ini. Mendapat tugas baru di belakang striker tidak menjadikan Ribery tampil impresif di pertandingan ini.

Malouda: 6 – Mendapat peran penuh untuk lebih bergerak leluasa, dan mampu menghadirkan ancaman di pertahanan Meksiko, terutama di babak kedua.

Anelka: 5 – Tidak nyaman dengan penempatan posisinya sedikit lebih ke tengah oleh Domenech. Anelka kehilangan kreativitas di sektor depan, dan beberapa kali salah pengertian dengan pemain tengah.

Pemain Pengganti

Gignac: 5 – Dimasukkan menggantikan Anelka untuk menambah daya dobrak Prancis. Pergantian pemain yang sia-sia, karena tak terlalu memberikan pengaruh terhadap permainan.

Valbuena: 5 – Tampil bagus di laga uji coba, tapi mengalami penurunan di ajang sesungguhnya.

MEKSIKO

Perez: 6,5 – Tidak terlalu bekerja keras di pertandingan ini. Hanya sekali melakukan penyelamatan ketika mengantisipasi tendangan Malouda.

Osorio: 7,5 – Bermain disiplin dan solid menggalang pertahanan. Tidak ada ancaman berbahaya dari pemain Prancis di sektor kanan Meksiko.

Moreno: 7,5 – Salah satu pemain yang membuat Prancis terlihat mandul di laga ini. Hampir tidak pernah bekerja keras menahan serbuan Prancis. Ini disebabkan dia pintar mengambil posisi.

Rodriguez: 7,5 – Beberapa kali melakukan pelanggaran terhadap pemain Prancis. Namun performanya patut diacungi jempol. Pintar mengkoordinasi pertahanan, sehingga gawang Meksiko jarang mendapat ancaman.

Salcido: 8 – Performa luar biasa diperlihatkan bek kiri ini. Rajin membantu serangan, dan efektif di pertahanan, karena jarang mendapat ancaman serius dari Gouvo.

Juarez: 6,5 – Sempat bekerja keras menghentikan pergerakan Malouda di aal babak kedua. Tidak terlalu sering naik membantu serangan.

Marquez: 8 – Salah satu pemain Meksiko yang tampil brilian. Sempat gugup di awal laga, namun bisa memperbaikinya. Umpan-umpanya, termasuk kepada Hernandez membuat Meksiko bermain nyaman.

Torrado: 7 – Gelandang enerjik ini membuat pemain Prancis tidak mendapatkan waktu istirahat sedikit pun untuk bernafas. Perannya cukup besar di sektor tengah pada babak kedua.

Dos Santos: 7,5 – Menikmati penampilannya sepanjang Piala Dunia ini. Mendukung Franco dengan baik, cepat ikut membantu serangan, dan jarang menemui kesulitan dari pertahanan Prancis.

Franco: 7,5 – Rajin membantu lini tengah dan pertahanan, pemain ini seperti tidak pernah kehabisan tenaga. Memaksa Abidal jatuh bangun menjaga pertahanannya.

Vela: 7 – Mendatangkan malapetaka bagi kedua rekannya di klub, Sagna dan Gallas sebelum akhirnya terpaksa ditarik keluar karena mendapat cedera. Sempat melepaskan tembakan yang melebar dari gawang Prancis.

PEMAIN PENGGANTI


Barrera: 7 – Masuk menggantikan Vel di babak pertama, Barrera tampil tidak mengecewakan. Terpaksa dijatuhkan Abidal yang membuat Meksiko mendapatkan hadiah penalti.

Hernandez: 8 –
Tampil luar biasa di laga ini, terutama pada 35 menit terakhir. Menyumbang satu gol kemenangan Meksiko.

Blanco: 7,5 –
Pemain boleh saja sudah veteran, tapi umpannya masih bagus. Bukan hanya kontribusi terhadap permainan Meksiko, namun juga turut andil dalam kemenangan El Tri.

No comments: