June 12, 2010

Jelang Inggris vs AS: Anggap AS Seperti Kroasia, Inggris

Gambar

Tim Amerika Serikat diyakini akan memberikan perlawanan ketat saat menghadapi Inggris. Fabio Capello menyerukan timnya supaya tampil seperti saat melawan Kroasia di babak kualifikasi.

Secara teori Inggris memiliki peluang lebih besar dari lawannya itu. Tujuh dari sembilan laga terakhir yang mempertemukan keduanya selalu dimenangi tim St George Cross. Satu-satunya kekalahan Inggris diderita di Piala Dunia 1950 dimana kala itu The Yanks menang 1-0.

Tetapi, AS terbukti telah menunjukkan progres yang baik belakangan dengan tampil meyakinkan di Piala Konfederasi 2009. Meskipun harus puas menjadi runner-up usai dikalahkan Brasil di final, tetapi Tim Howard dkk berhasil menorehkan catatan apik di babak sebelumnya.

AS dengan gemilang menggebuk juara Eropa, Spanyol 2-0. Dan itulah kekalahan kedua yang diterima La Furia Roja dalam 46 laga terakhirnya.

Walau timnya lebih diunggulkan, Capello tak mau terlena. Ia menyerukan anak buahnya supaya tampil trengginas seperti ketika menghancurkan Kroasia 5-1 dan 4-1 dalam laga home dan away di babak kualifikasi. Momen itu dinilai sangat penting dalam mengembalikan kepercayaan diri tim karena Krosia adalah tim yang menggagalkan Inggris ke putaran final Euro 2008.

"Pertandingan pembukaan selalu menjadi laga yang berat, terutama melawan AS yang selalu bermain bagus di sebuah Piala Dunia. Apa yang saya inginkan adalah performa gemilang yang ditunjukkan tim kala mengalahkan Kroasia 5-1 di Wembley," seru Capello kepada The Sun.

"Itu adalah momen spesial dan permainan terbaik yang pernah kami mainkan. Kami telah memenangi laga away 4-1 di Zagreb sebelumnya di kualifikasi. Malam itu, kami membunuh hantu Kroasia."

"Itu adalah kenangan yang jelas buat pemain dan suporter. Kepercayaan diri telah kembali. Kembali menampilkan performa demikian akan buat saya lebih dari sekedar bahagia. Akan tidak ada batas yang tidak bisa kami capai," tutup eks arsitek AC Milan dan Real Madrid itu.

Duel antara AS dengan Inggris akan dihelat di Stadion Royal Bafokeng, Minggu (13/6/2010) dinihari WIB. Laga ini kejuaraan besar pertama Capello bersama Inggris.

No comments: