June 4, 2010

Siapa Pantas Gantikan Benitez?

Martin O'Neill - Aston Villa (Getty Images)

Rafa Benitez akhirnya tak lagi menduduki kursi jabatan pelatih Liverpool untuk musim depan, setelah mencapai kesepakatan dengan klub untuk mengakhiri kontraknya lebih awal.

Kabarnya, kedua pihak sudah mencapai kata sepakat mengenai tetek bengek dari pemutusan kontrak tersebut.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah siapa yang akan menggantikan posisi Benitez di kursi pelatih Liverpool untuk musim depan.

Sejumlah nama memang muncul dalam sejumlah media mengenai calon pelatih Liverpool yang baru, seperti pelatih Aston Villa Martin O'Neill dan arsitek finalis Liga Europa musim ini, Fulham, Roy Hodgson.

Keduanya dinilai memiliki kriteria yang pas untuk membawa Liverpool ke depan, dengan pengalaman yang mumpuni dalam mengatur tim, meski secara prestasi keduanya tak banyak mengukir catatan fenomenal.

Kandidat lain ada pada Guus Hiddink, pelatih tim nasional Turki. Pria asal Belanda itu juga sempat mengisyaratkan keinginan kembali menangani klub Inggris setelah sempat mendapat kesempatan itu bersama Chelsea dua musim lalu.

Dalam hal prestasi, Hiddink juga memiliki sejarah kesuksesan yang cukup panjang. Juara Liga Champions, kompetisi domestik dan mengantar tim nasional medioker berjaya di ajang Internasional seperti Piala Dunia dan Piala Eropa bukanlah hal baru baginya.

Opsi lain ada di diri Kenny Dalgish, yang sekarang menjadi duta akademi Liverpool. Pengalaman yang dimilikinya bersama Liverpool dan seluk beluk internal tim yang sudah di luar kepalanya menjadi salah satu faktor yang bisa menguntungkan menjadikannya dalam bursa kandidat.

Dalgish juga sudah mendapat tempat tersendiri di hati fans Liverpool, mengingat ia pernah menjadi pemain juga menangani klub di tahun 1985 hingga 1991. Rapornya juga cukup bagus.

Meski sejumlah nama sudah masuk dalam daftar kandidat, Liverpool menyatakan belum akan mengambil langkah cepat untuk menunjuk pelatih baru tim. Situasi ini menjadi hal yang baik bagi media untuk membangun opini publik mengenai siapa yang pantas menangani Liverpool musim depan.

No comments: