March 12, 2009

Liverpool permalukan Madrid 4-0

Liverpool dengan gemilang sukses melangkah ke babak perempatfinal Liga Champions. Menghadapai Real Madrid di leg kedua 16 Besar, The Reds berhasil menang telak 4-0. Di Stadion Anfield, Rabu (11/3/2009) dinihari WIB, Liverpool memang tampil dominan dan gemilang. Empat gol disarangkan oleh Fernando Torres, Steven Gerrard (dua gol) dan Andrea Dossena.

Kemenangan empat gol tanpa balas ini mengantar The Anfield Gank memasuki fase 8 Besar dengan keunggulan agregat 5-0. Di pertandingan pertama, Liverpool menang 1-0.

Torres yang sebelumnya dinyatakan diragukan bisa merumput, ternyata dimainkan oleh Rafa Benitez sebagai penyerang tunggal. Ia disokong tiga gelandang serang di belakangnya.

Kehadiran Torres nyata sekali menjadi ancaman utama Madrid. Tiga menit laga berjalan, melalui umpan dari Gerrard, Torres lolos berhadapan one-on-one dengan Iker Casillas, tetapi sepakan Torres ditolak dengan kaki oleh sang kiper.

Dari tendangan sudut yang dihasilkan Torres, bola liat menuju ke Javier Mascherano yang berada di luar kotak penalti. Sepakan kencang kaki kiri Mascherano ditip Casillas dan lalu membentur mistar gawang dan keluar.

Gerrard memperoleh peluang melalui tendangan bebas di menit ketujuh. Tetapi sepakan yang tak terlalu deras dari Stevie G berbelok arah karena membentur pagar Madrid dan berhasil diamankan dengan baik oleh Casillas.

Di menit ke-14, Torres membawa Liverpool unggul. Pepetan penyerang Spanyol itu kepada Pepe membuat bek Madrid ini terjatuh dan bola dikuasai Dirk Kuyt yang lalu mengumpankan kepada Torres. Dengan satu sontekan, Torres pun mencetak gol pembuka.

Gerrard nyaris membuat Liverpool melaju 2-0 ketika sambaran kaki kanannya menyambut umpan silang mendatar Torres berhasil diamankan oleh Casillas di menit 22.

Tiga menit kemudian, Liverpool mendapat hadiah penalti dari wasit ketika Gabriel Heinze dituding melakukan handsball di kotak terlarang meski tayangan ulang televisi menunjukkan sebaliknya. Gerrard yang menjadi eksekutor tanpa kesulitan menaklukkan Casillas untuk menjadikan skor 2-0.

Madrid mencoba membalas ketika pertandingan berusia setengah jam. Tendangan bebas dari Wesley Sneijder mengarah ke gawang The Reds tetapi Pepe Reina yang berjaga di bawah mistar dengan sigap menepis bola keluar lapangan.

Perlahan, Madrid mencoba membangun serangan balasan. Menit 40, Sneijder menyambar umpan silang dari kiri yang dilepas Heinze, tetapi sepakannya bisa ditepis oleh Reina dan membuat skor 2-0 bertahan pada turun minum.

Hanya satu menit setelah babak kedua berjalan, Liverpool sudah unggul 3-0. Menyambut umpan silang Ryan Babel, Gerrard mencetak gol keduanya dengan tendangan yang cukup deras.

Menit 53, Casillas kembali menyelamatkan gawang Madrid. Umpan tumit dari Kuyt diteruskan oleh Gerrard dengan tendangan ke arah gawang yang masih bisa dijinakkan Casillas. Tak sampai semenit, giliran Madrid yang memperoleh peluang melalui Fernando Gago. Tetapi sepakan lambung gelandang Argentina itu masih menyamping tipis di kiri gawang Reina.

Dalam keadaan tertinggal 0-3, Madrid menempuh risiko dengan tampil ultra menyerang. Pemain berkarakter ofensif seperti Rafael van der Vaart coba dimasukkan untuk mencoba mengejar sesuatu.

Sementara Liverpool kebalikannya. Posisi mereka yang relatif aman membuat Benitez menarik Gerrard dan Torres untuk digantikan pemain yang lebih tangguh dalam bertahan seperti Andrea Dossena.

Tetapi ketika Madrid asyik menyerang, Liverpool menghukumnya dengan sebuah serangan balik cepat. Menerima umpan dari Mascherano, Dossena mencetak gol penutup dengan kaki kirinya. Liverpool pun menyudahi pertandingan ini dengan kemenangan 4-0.

Susunan pemain

Liverpool: Reina; Arbeloa, Skrtel, Carragher, Aurelio; Alonso (Lucas 60), Mascherano; Kuyt, Gerrard (Spearing 73), Babel; Torres (Dossena 83)

Madrid: Casillas; Ramos, Cannavaro (Van Der Vaart 64), Pepe, Heinze; Robben (Marcelo 46), Diarra, Gago (Guti 76), Sneijder; Raul, Higuain

No comments: