March 12, 2009

MU Tekuk Inter 2-0, wakil Itali habis

Manchester United maju ke babak perempatfinal Liga Champions dengan kemenangan 2-0 atas Inter Milan. Sepasang gol itu masing-masing tercipta di awal babak pertama dan kedua.

Baru empat menit pertandingan berjalan, Julio Cesar sudah dipaksa memungut bola dari dalam gawangnya. Tandukan Nemanja Vidic bikin MU unggul 1-0. Cristiano Ronaldo menggenapkan kemenangan 'Setan Merah' berkat golnya empat menit usai babak kedua berjalan, setelah meneruskan umpan silang Wayne Rooney.

Hasil di Old Trafford, Kamis (12/3/2009) dinihari WIB, ini membuat MU melangkah ke babak delapan besar Liga Champions dengan agregat kemenangan 2-0 usai mengimbangi Inter tanpa gol di leg pertama.

MU yang melakukan kick-off langsung membangun serangan menuju gawang Inter yang dikawal Julio Cesar, pemain yang menjadi bintang 'Nerazzuri' di leg pertama dengan berulangkali menahan serangan MU.

Serangan MU akhirnya berbuah keunggulan di menit ke-4, usai Nemanja Vidic menanduk bola hasil sepak pojok Ryan Giggs. Kawalan Patrick Vieira tidak lekat sehingga Vidic leluasa menjebol gawang Inter.

Inter mendapat tendangan bebas di wilayah kanan pertahanan MU pada menit 11. Mario Balotelli melayangkan bola ke arah gawang MU, kendati si kulit bundar dengan mudah ditangkap Edwin van der Sar.

MU kemudian dua kali mencecar gawang Julio Cesar. Pada menit ke-15 Dimitar Berbatov melepaskan tembakan yang masih lemah dan dapat disapu, sedangkan sepakan first time Cristiano Ronaldo tak lama kemudian masih melambung jauh.

Dua kali MU meminta penalti di menit ke-19. Yang pertama ketika umpan silang Giggs di kotak penalti terkena lengan Walter Samuel yang terjatuh, berikutnya ketika sepakan Giggs tampak mengenai tangan Dejan Stankovic. Tapi wasit tidak berpendapat sama.

Beberapa saat sebelumnya, Inter juga mengklaim tendangan bebas di tepi kotak penalti usai Zlatan Ibrahimovic dijatuhkan John O'Shea. Dalam kesempatan itu, wasit juga tak sepaham dan melanjutkan permainan.

Ibrahimovic nyaris saja menyamakan kedudukan di menit ke-29. Tandukannya menyambut tendangan bebas dari kiri pertahanan MU membentur tanah dulu sebelum meluncur deras ke arah gawang MU, kendati hanya menghantam mistar.

Inter menyerang di menit ke-36. Bola lambung ditahan Ibra seraya memberikan ke Stankovic yang sedang melaju ke arahnya. Stankovic lantas melepaskan sepakan keras ke arah gawang dan memaksa Van der Sar "terbang" kendati arah bola masih melenceng tipis. Tak lama berselang, umpan terobosan MU di kotak penalti Inter melepaskan O'Shea untuk berhadapan dengan Julio Cesar. Bola O'Shea tendang, tapi dari jarak dekat sang kiper masih bisa menghalau bola seraya menjatuhkan diri.

Lima menit sebelum jeda, gawang MU kembali dalam bahaya. Kesalahan operan bikin bola dikuasai Mario Balotelli yang lantas mengirimnya ke arah Ibrahimovic. Dari sisi kiri arah gawang, Ibra melepaskan tendangan menyusur tanah yang masih melebar tipis dari sasaran.

Babak kedua diawali dengan sepakan keras Balotelli dari luar kotak penalti ketika pertandingan baru berjalan sekian menit. Belum mengubah kedudukan, karena bola masih melebar dari sasaran.

Dari serangan yang dibangun di menit ke-49, umpan silang Wayne Rooney dari sayap kiri dengan lugas ditanduk Ronaldo yang memotong antisipasi Julio Cesar, untuk menyarangkan si kulit bundar ke dalam gawang Inter.

Adriano masuk di menit 58 untuk menggantikan Stankovic dan langsung memberi ancaman nyata. Dari serangan yang dia bangun, Adriano bekerja sama satu-dua dengan Cambiasso dan diakhiri dengan tendangan salto. Bola sepakan Adriano ini hanya mengenai tiang.

Semenit kemudian, MU ganti menekan. Ronaldo sudah berhadapan dengan Julio Cesar untuk membuat gol kedua, tapi sang kiper masih bisa menghalau dari jarak dekat. Pada menit 63, giliran sepakan keras Rooney dari jarak jauh yang dimentahkan Julio Cesar.

Ibra kembali mencatat peluang pada menit 74. Umpan silang Muntari diarahkan ke tiang jauh di mana dia sudah menanti, kendati bola tak tepat mengenai kepala Ibra dan akhirnya cuma berakhir di sisi luar gawang saja. Lima menit sebelum bubaran, Ronaldo melepaskan salah satu tendangan kerasnya tapi Julio Cesar sigap mengamankan. Skor pun tetap 2-0 untuk MU.

Susunan Pemain:

Manchester United: 1-Edwin van der Sar; 22-John O’Shea, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra; 7-Cristiano Ronaldo, 16-Michael Carrick, 18-Paul Scholes (Anderson '70), 11-Ryan Giggs; 9-Dimitar Berbatov, 10-Wayne Rooney (Park '84).

Inter Milan: 12-Julio Cesar; 13-Maicon, 2-Ivan Cordoba, 25-Walter Samuel, 39-Davide Santon; 4-Javier Zanetti, 19-Esteban Cambiasso, 14-Patrick Vieira (Muntari '46); 5-Dejan Stankovic (Adriano '58); 8-Zlatan Ibrahimovic, 45-Mario Balotelli (Figo '70).

No comments: