May 30, 2008

Nasib mereka yang dipecat


Akhir musim 2007/08 ini terasa pahit bagi sebagian pelatih. Di era sepakbola modern ini, sebuah klub memang gampang untuk memecat pelatih jika sang pemilik tidak lagi sreg dengan pelatih. Keadaan terkini memang seperti itu adanya baik pada klub-klub raksasa, medioker ataupun gurem. Pengecualian buat klub raksasa Inggris, Man Utd dan Arsenal di mana para petinggi klub sangat menghormati dan mempercayai Fergusson dan Wenger lebih dari belasa tahun.

Banyak alasan mereka untuk dipecat, umumnya karena tidak adanya satu gelar pun yang diperoleh buat tim raksasa. Buat tim menengah dan kecil, penampilan yang buruk serta ancaman degradasi menjadi alasan manajemen klub untuk menggantikan pelatih. Namun tidak selamanya demikian, ada klub yang pencapaian pelatihnya bagus dan memperoleh gelar tetap juga dipecat. Ketidakcocokan dan ego dari petinggi klub dan pemain dapat dijadikan alasan. Contoh nyata apa yang dialami pelatih Inggris sekarang, Fabio Capello. Capello yang sukses membawa Real Madrid juara musim 06/07 setelah sekian lama hampa gelar dipecat tidak lama setelah pesta juara, alasannya Capello bukan orang yang cocok untuk melatih Madrid.

Pemecatan Mourinho di awal musim 07/08 lalu juga dapat dijadikan contoh. Walau Mourinho masih memperoleh 2 gelar: FA dan Carling Cup, namun petinggi klub tetap 'memecat' nya dengan alasan gagal mencapai final Liga Champions. Contoh terbaru adalah pemecatan Roberto Mancini sebagai pelatih Inter Milan. Walau Mancini sukses memberi 3 gelar scudetto beruntun dan gelar lainnya dalam 4 tahun terakhir, ia tetap dipecat. Mancini dinilai gagal oleh bos besar Inter Moratti di kancah eropa. Mancini tambah kecewa ketika sejak Januari lalu, Moratti telah mengadakan kontak dengan Jose Mourinho yang akan disiapkan sebagai suksesor Mancini.

Berbeda dengan Inter, Petinggi Barcelona dan Chelsea juga memecat pelatih yang gagal memperoleh satupun gelar. Barcelona memecat Frank Rijkard setelah musim ini Barca hanya menempati posisi 3 klasemen akhir dan tanpa gelar satu pun. Rijkard digantikan oleh mantan pemain Barcelona sendiri. Chelsea juga memecat Avram Grant yang tidak sampai semusim melatih Chelsea. Grant walau sukses membawa Chelsea ke Final UCL dinilai bukan orang yang pas melatih Chelsea. Belakangan assisten pelatih Hen Ten Cate juga dipecat. Petinggi Chelsea belum mengumumkan siapakah yang akan melatih Terry dkk musim depan.

No comments: