May 17, 2008

Portsmouth Juara FA 2008

Akhirnya Portsmouth memenangi Piala FA untuk kali keduanya. Dalam laga final melawan Cardiff City, the Pompey meraih kemenangan tipis 1-0 lewat gol yang dicetak Nwanko Kanu.

Keberhasilan ini menghapus dahaga Portsmouth akan gelar bergengsi yang sudah sangat lama tidak mereka rengkuh. Untuk Piala FA sendiri, mereka sempat meraihnya sekali pada tahun 1939. Kemenangan ini juga mengantar klub besutan Harry Redknapp berlaga di Eropa di ajang Piala UEFA. Sementara Cardif harus mengubur impian mengulang sejarah 81 tahun lalu saat mereka menjadi klub non-Inggris pertama yang memenangi turnamen tersebut

Diawali pergerakan John Utaka di sisi kanan, striker Nigeria itu melepaskan umpan ke kotak penalti yang tak mampu diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Enckelman. Bola yang tak lengket dia tangkap dengan mudah diarahkan Kanu ke dalam gawang dengan pahanya dari jarak dekat.

Di masa injury time Cardiff sempat menyamakan kedudukan melalui tendangan lambung Glenn Loovens. Namun wasit menganulir gol tersebut karena bek asal Belanda itu tertangkap offside sesaat sebelum menyepak si kulit bundar. Babak pertama berakhir dengan keunggulan Portsmouth 1-0.

Di awal babak kedua, Portsmouth kembali memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan. Dari kerjasama satu-dua antara Nico Kranjcar dan Lassana Diarra di sayap kiri, sang gelandang Prancis melepaskan umpan yang mengarah tepat ke Kanu, namun sepakan striker jangkung tersebut tak sempurna yang kemudian mengarah ke luar lapangan setelah membentur tubuh bek Cardiff.

Tekanan Pompey berlanjut melalui Muntari, tendangannya dari sudut sempit hanya membentur sisi luar jala gawang Cardiff. Sementara di menit 72 tendangan voli David Nugent diantisipasi dengan sangat baik oleh Enckelman.

Di 15 menit terakhir pertandingan Cardiff berusaha menekan pertahanan Portsmouth demi mencetak gol penyama. Salah satu peluang yang didapat melalui Loovens yang tandukannya meneruskan umpan tendangan sudut melambung di atas mistar setelah lebih dulu membentur tanah.

Aron Ramsey sempat membuat peluang yang kemudian digagalkan barisan belakang Pompey, sementara inisiatif Enckelman membantu serangan dengan mengambil tendangan bebas juga tak membuahkan hasil. Empat menit masa injury time yang diberikan wasit tak juga dimanfaatkan dengan maksimal oleh Cardiff.

Portsmouth pun meraih tropi Piala FA-nya yang kedua dengan kemenangan 1-0.

No comments: