May 11, 2008

Walau menang besar, Birmingham dan Reading tetap terdegradasi

Laga pamungkas Liga Inggris musim ini yang digelar serempak pukul 2 siang waktu london. MU memastikan juara setelah menang atas Wigan. Sedangkan Birmingham City dan Reading walau meraih kemenangan besar di pekan terakhir ini, tak cukup menyelamatkan mereka dari jurang degradasi. Sementara Fulham sukses bertahan di Premiership usai menundukkan Portsmouth. Demikian juga Bolton Wanderas yang menahan imbang Chelsea

Menjamu Blackburn Rovers di St Andrews Stadium, Birmingham memetik kemenangan meyakinkan dengan skor 4-1. Keempat gol tuan rumah yang dilesakkan David Murphy di menit 31, Camerone Jerome (73 dan 89), serta Fabrice Muamba (90), dan Blackburn hanya membalas sekali melalui Morten Gamst Pedersen (49).

Kemenangan besar juga didapat Reading yang bertandang ke Derby County. The Royals membawa pulang kemenangan 4-0 melalui gol-gol yang dilesakkan James Harper di menit 15, Dave Kitson (61), Kevin Doyle (69) dan Leroy Lita (90).

Dengan kemenangan itu Birmingham total mengumpulkan 32 poin, hasil delapan kali menang, 11 bermain imbang dan menelan 19 kekalahan. Namun itu masih tak cukup untuk menghindarkan mereka dari jurang degradasi karena hanya mampu duduk di posisi 19 klasemen. Sementara Reading total mengoleksi 33 angka setelah meraih 10 kemenangan, enam kali bermain imbang dan 22 kali menelan kekalahan. Dengan catatan tersebut skuad Steve Bruce menjadi klub teratas zona degradasi.

Adalah kemenangan Fulham atas Portsmouth yang membuat klub tersebut harus menemani Derby County yang sudah lebih dulu turun kasta ke Divisi Championship. Bertandang ke Fratton Park, Fulham pulang membawa kemenangan 1-0 lewat gol Danny Murphy, 14 menit sebelum laga usai. Derby dan Birmingham adalah dua tim berstatus promosi di awal musim ini. Satu klub lainnya adalah Sunderland, yang mampu bertahan di Premier League dengan duduk di posisi 15

Berikut ini hasil lengkap laga terakhir Premier League tahun ini:

Birmingham C. 4 - 1 Blackburn R.
Chelsea 1 - 1 Bolton W.
Derby County 0 - 4 Reading
Everton 3 - 1 Newcastle U.
Middlesbrough 8 - 1 Manchester C.
Portsmouth 0 - 1 Fulham
Sunderland 0 - 1 Arsenal
Tottenham H. 0 - 2 Liverpool
West Ham U. 2 - 2 Aston Villa
Wigan Athletic 0 - 2 Manchester U.

No comments: