May 14, 2008

Zenit St Petersburg juara Piala UEFA 2007/2008

Zenit St Petersburg merengkuh tropi pertamanya di kancah Eropa setelah menjuarai Piala UEFA. Pada laga final tadi malam yang berlangsung di City of Manchester Stadium, skuad besutan Dick Advocaat imengalahkan Glasgow Rangers dengan 2-0. Zenit pun menjadi klub kedua asal Russia yang mampu menjuarai Piala UEFA setelah CSKA Moscow merengkuhnya untuk kali pertama di musim 2004/05. Kekalahan ini membuat Ranger gagal mengulang sukses meraih tropi Eropanya yang kedua. Raksasa Skotlandia ini sebelumnya baru sekali menjadi kampiun Eropa di ajang Piala Winners.

Meski bertanding di tempat netral yakni di City of Manchester Stadium, namun Rangers seperti bermain di kandang sendiri. Markas Manchester City itu dibuat biru oleh ribuan fans Rangers yang sepanjang pertandingan membuat suara gaduh demi memberi dukungan pada timnya. Namun dukungan tersebut tak banyak membantu Rangers di tengah lapangan karena mereka mengawali pertandingan dengan banyak melakukan kesalahan dan terlihat kurang lepas bermain. Zenit mampu memanfaatkan kondisi ini dengan mengkreasikan peluang melalui Arshavin yang gagal berujung gol karena sepakannya melebar jauh dari sasaran.

Kemenangan Zenit diawali dengan gol pertama yang terjadi pada menit 72. Diawali kerjasama satu-dua di sisi kiri pertahanan Rangers, Igor Denisov menerima umpan terobosan terukur dari Arshavin mengubah skor menjadi 1-0 setelah dengan dingin memperdaya kiper Rangers. Tertinggal satu gol membuat Rangers menggandakan serangan. Namun usaha mereka tak membuahkan banyak hasil karena skuad besutan Walter Smith justru kembali banyak ditekan. Zenit akhirnya memastikan merengkuh tropi Piala UEFA setelah Konstatin Zurianov mencetak gol kedua di menit 90. Sama seperti gol pertama, prosesi terciptanya gol ini juga melalui kerjasama apik yang diperagakan lini depan Zenit.

Untuk partai final Liga Champions sendiri baru akan diadakan satu pekan lagi tanggal 21 mei nanti. Chelsea akan membalas kegagalan mereka di Liga Premier Inggris terhadap Man Utd di Lutzhniki Stadium, Moskow.

No comments: