April 20, 2010

RAPOR PEMAIN: Inter Milan 3-1 Barcelona

INTER MILAN

Cesar – 7: Meski kebobolan di babak pertama, namun ia mampu memperlihatkan sejumlah penyelamatan penting di babak kedua. Termasuk penyelamatan penting yang dilakukannya dari ancaman Sergio Busquets ketika skor 2-1.

Maicon – 7: Kontribusinya dalam membawa Inter meraih keunggulan sangat penting lewat gol yang dicetaknya ke gawang Barca. Ia juga sangat bertenaga dalam mengawal lini pertahanan timnya meski akhirnya harus ditandu ke luar lapangan akibat cedera.

Lucio – 7: Ia memperlihatkan kedisiplinannya yang baik di belakang.

Samuel – 7,5: Kerjasama yang apik dengan Lucio dalam mengawal pertahanan timnya. Pemain ini nyaris tampil sempurna. Ia juga berhasil memblok ancaman dari Pedro.

Zanetti – 8: Pemain veteran ini memperlihatkan ketangguhannya dalam mengantisipasi tekanan para pemain Barca. Berbekal pengalaman segudang, ia mampu membimbing timnya untuk mendapatkan hasil yang luar biasa.
Cambiasso – 7,5: Perannya juga besar dalam kebangkitan Inter usai tertinggal satu gol dari Barca. Ia juga mampu memecahkan permainan ketika Inter mulai superior dan turut pula membantu soliditas lini pertahanan timnya.

Motta – 7: Bersama dengan Cambiasso, pemain ini juga memberikan kontribusi yang besar kepada timnya. Ia menjadi penghubung penting antara lini belakang dan depan.

Sneijder – 8: Mantan pemain sayap Real Madrid ini kembali lagi menghantui Barcelona. Ia menyumbangkan sebuah gol penting untuk menyamakan kedudukan. Ia juga memberikan kontribusi penting untuk membantu Milito dalam terciptanya gol ketiga Inter.

Eto’o – 7,5: Pemain ini cukup membuat sulit Puyol dan Pique berkat kekuatannya berlari. Meski tak mencetak gol, namun ia tetap memberi kontribusi berharga bagi gol yang telah diraih timnya dalam pertandingan ini.

Milito – 8,5: Ia mampu bangkit dengan tampil lebih baik lagi usai membuang kesempatan yang didapatkannya di babak pertama. Ia juga telah memperlihatkan kesadarannya untuk mengirimkan umpan sempurna kepada Sneijder untuk membuat skor menjadi imbang, lalu berkontribusi bagi gol kedua Inter serta menuntaskannya lewat sebuah gol.

Pandev – 6.5: Mantan pemain bintang Lazio ini cukup membuat Alves kerepotan.

Pengganti

Stankovic – 5.0:
Menggantikan Pandev untuk menyokong lini tengah, sebenarnya ia cukup mampu memaksa lawannya mengalami kesulitan dalam mendapatkan bola.

Balotelli – 4.5: Meski 15 menit yang didapatkannya untuk memperlihatkan kemampuan terbaiknya, namun ia lebih terlihat seperti malas-malasan dalam mengejar bola di depan maupun turut membantu ke belakang saat Barca menekan.

Chivu – 5.0: Cedera yang dialami Maicon memberinya berkah untuk tampil, sayangnya ia tidak terlalu menonjol di lini belakang layaknya yang telah diperlihatkan Maicon.

BARCELONA

Valdes – 6.0: Seperti terlihat gamang dalam pertandingan ini, Ia tak bisa berbuat banyak dalam membantu timnya dari tiga gol yang bersarang ke gawangnya.

Alves – 5.5: Laga kali ini bukanlah penampilannya yang terbaik. Upayanya ke depan juga seperti hanya buang tenaga saja.

Puyol – 6: Sejatinya penampilannya kali ini juga bukanlah yang terbaik seperti yang kerap ia peragakan bersama tim nasional Spanyol. Sebuah kartu yang didapatkannya usai melanggar Milito telah membuatnya hilang kesempatan untuk tampil di leg kedua nanti.

Pique – 6,5: Pemain ini cukup mengalami kesulitan dalam menghadapi pergerakan dari Eto'o maupun Milito. Ia sebenarnya telah berusaha untuk menyumbangkan gol namun tetap tidak mampu memaksimalkan kesempatan yang didapatkannya.

Maxwell – 6: Meski tampil tidak terlalu mengecewakan, namun tiga gol yang didapatkan Inter tak lepas dari kelengahan pemain ini juga. Ia telah membuka ruang bagi terciptanya gol pertama dan ketiga Inter.

Xavi – 6,5: Pengawalan yang ketat membuat pemain ini tidak bisa berleluasa bergerak untuk memberi umpan-umpan yang mematikan.

Busquets – 5.5: Pemain muda asal Spanyol ini masih harus banyak menimba lagi pengalamannya bermain di level tinggi semacam Liga Champions. Selain membuang sebuah kesempatan untuk menyamakan skor ketika kedudukan 2-1, pemain ini juga gagal membuktikan peran pentingnya di lapangan tengah.

Keita – 6: Ia juga tidak terlalu cukup banyak berkontribusi membantu serangan, namun juga tak terlalu piawai melindungi pertahanan timnya.

Messi – 6,5: Dikawal ketat oleh Motta dan Cambiasso membuatnya tidak bisa terlalu maksimal dalam mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Namun demikian dalam beberapa kali kesempatan ia masih mampu melepaskan tendangan ke arah gawang yang ternyata masih mampu diantisipasi dengan baik oleh kiper lawan.

Ibrahimovic – 4: Apakah ia sudah benar-benar bugar? Ia terlihat tak mampu menunjukkan segala kemampuan terbaiknya seperti tingkat pergerakan yang dibutuhkan untuk membawa Barca lebih menggigit.

Pedro – 6,5: Sebuah gol indah yang diperlihatkannya. Namun sayang di babak kedua ia tak mampu berbuat lebih banyak lagi untuk membuat Barca unggul.

Pengganti:

Abidal – 5: Menggantikan Ibra namun full-back ini justru lebih banyak berperan sebagai pemain sayap dari sebelah kiri. Sayangnya, kontribusinya juga masih belum terlihat maksimal buat timnya.

No comments: