April 13, 2010

RAPOR PEMAIN: Real Madrid 0-2 Barcelona

Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, Real Madrid,  Barcelona (Getty Images)

Real Madrid

Iker Casillas - 7: Tampil cukup bagus dan menggagalkan usaha Messi membuat hat-trick. Tidak bisa disalahkan sepenuhnya atas gol yang dibuat Messi dan Pedro.

Ezequiel Garay - 5,5: Menutupi pergerakan pemain lawan tapi tak berbuat lebuh dari itu. Beberapa kali gagal menahan pergerakan pemain Barca, terutama Xavi.

Raul Albiol -6,5: Menjalankan tugas mengawal Messi dengan cukup baik. Namun sekali ia lengah, Messi berhasil membuat gol. Satu-satunya bek Madrid yang tampil baik.

Alvaro Arbeloa -5: Bermain baik di babak pertama, namun di babak kedua performanya menurun dan tak mampu mencegah pergerakan Pedro yang membuat gol kedua.

Sergio Ramos -6: Seperti biasa rajin membantu serangan, tapi tidak membuat peluang yang berarti. Beberapa kali terpaku di daerah pertahanan untuk mengamakan daerahnya.

Fernando Gago -5: Tugasnya serupa dengan Garay, menutupi dan membatasi ruang gerak pemain lawan. Kurang berbuat banyak di babak pertama, tapi di babak kedua lebih terlibat dalam permainan.

Xabi Alonso -6: Tampil menyeimbangkan lini tengah namun lebih banyak tertahan di daerahnya. Nyaris tidak membangun serangan yang berarti.

Marcelo -7: Satu-satunya gelandang Madrid yang rajin membangun serangan dan beberapa kali melewati hadangan bek Barca. Namun umpannya sering mengecewakan dan kemudian digantikan Guti.

Rafael Van der Vaart -5: Bermain menonjol di awal pertandingan, setelah itu hampir tak punya kontribusi. Punya satu peluang membuat gol yang bisa digagalkan Valdes. Digantikan di menit ke-70.

Cristiano Ronaldo -7: Tampil ngotot dan pantang menyerah seperti biasanya. Permainannya menurun sejak merasakan sakit di kakinya di akhir babak pertama. Punya beberapa peluang namun tak cukup untuk merepotkan Valdes.

Gonzalo Higuain -4: Hampir tak menyentuh bola di 30 menit pertama. Hanya sedikit punya peluang dan tendangannya banyak yang melebar.

Pemain pengganti:

Guti -6: Mampu memberi pengaruh pada pemainan timnya dan membuat beberapa peluang namun kerap terburu-buru dalam menguasai bola.

Raul 5: Satu-satunya pemain Madrid yang menngetarkan jala Barca, namun tidak dihitung karena wasit sudah membunyikan peluit.

Karim Benzema 5: Akibat melakukan handsball, gol Raul pun dianulir. Punya peluang di menit akhir namun sundulannya melebar.


Barcelona

Victor Valdes 8: Nyaris tidak bekerja keras di babak pertama. Di babak kedua, setidaknya ia membuat tiga penyelamatan penting.

Gabriel Milito 7: Secara mengejutkan tak pernah mengalami kesulitan menghadang lawan dan membuat Higuain nyaris tak berkutik.

Gerard Pique -7,5: Mendampingi Puyol dengan baik dan mampu mengurangi pergerakan agresif Ronaldo. Sempat kecolongan dengan umpan-umpan panjang namun bisa memperbaiki penampilannya.

Maxwell 6: Tak banyak ikut menyerang. Di babak kedua bermain lebih bebas namun tetap tidak membuat pengaruh yang signifikan.

Carles Puyol -7: Kerap berganti posisi, dari bek kanan kemudian diplot sebagai bek kiri di babak kedua. Secara keseluruhan bermain bagus dan tenang.

Daniel Alves -7: Doplot sebagai penyerang di babak pertama. Di babak kedua kembali ditempatkan di lini pertahanan. Tidak banyak memberikan pengaruh namun mampu membatasi pergerakan Ronaldo.

Sergi Busquets -7: Gelandang bertahan ini menjalankan tugasnya dengan baik. Tak banyak memberi pengaruh namun membuat timnya seimbang dalam bertahan dan menyerang.

Seydou Keita -7: Kerjasamanya dengan Busquets sangat apik. Selain bertahan, ia juga mampu mengalirkan bola ke daerah lawan dengan sangat baik.

Xavi -9: Salah satu penampilan terbaiknya. Merancang gol pertama yang dicetak Messi dan juga gol kedua yang dilesakkan Pedro. Memberikan dua umpan matang yang gagal dimaksimalkan Messi.

Pedro -7: Beberapa kali merepotkan Sergio Ramos dan Arbeloa. Selain gol keduanya, tak ada peluang berbahaya yang dibuatnya.

Lionel Messi -8: Tampil konsisten dan menciptakan ruang gerak bagi rekan setimnya maupun dirinya sendiri. Pergerakan tanpa bolanya untuk menyambut umpan Xavi berbuah gol. Bisa saja membuat hat-trick kalau mampu menyelesaikan dua peluang emas.

Pemain pengganti:

Rafael Marquez -n/a

Andres Iniesta -6: Beberapa kali mengecoh lawan, terutama di sisi sayap.

No comments: