April 29, 2008

MU melaju ke Final Liga Champions 2007/08

Manchester United akhirnya memastikan diri melaju ke partai final Liga Champions musim ini setelah menyingkirkan Barcelona 1-0 di Old Trafford. Kemenangan 1-0 ini telah cukup buat MU untuk melaju ke final setelah sebelumnya bermain imbang 0-0 di Nou Camp pada putaran pertama semifinal pekan kemarin. Kemenangan skuad asuhan Sir Alex Fergusson dengan aggregat gol 1-0 ini ditentukan oleh gol emas Paul Scholes di menit 14. Dengan kalahnya Barcelona sebagai satu-satunya wakil non england maka berarti akan terjadi All England Final di stadion Lutzniki, Rusia nanti. Ferdinand dkk akan menunggu lawan pemenang antara klub Ingggris lainnya Chelsea versus Liverpool yang baru akan digelar dini hari esok waktu Indonesia.

Barcelona sendiri bermain lepas sesuai gaya permaianan mereka menyerang dengan bola cepat dan umpan-umpan pendek. Gol tunggal Scholes terjadi tidak lepas dari kesalahan bek kanan Barcelona, Zambrotta dalam membuang bola yang malah memberi servis manis buat Scholes untuk mencetak gol ari luar kotak penalti. Setelah unggul 1-0 MU sendiri cenderung tampil bertahan dengan sekali-kali melakukan counter attack. Statistik laga mencatat ball possision untuk Manchester United hanya 42% saja dengan tembakan mengarah ke gawang 7 kali. Sementara Barcelona memiliki 14 kali tembakan mengarah ke gawang dengan penguasaan bola 58%. Sayang penetrasi dari Messi dkk selalu mentah di barisan pertahanan MU yang dikomandoi sang kapten Rio Ferdinand. Bahkan pada babak kedua, pelatih Barcelona Frank Rijkaard memasukkan 2 striker lagi, Thiery Henry dan Borjan Kirkic. Henry masuk menggantikan Iniesta sementara Borjan menggantikan Eto'o yang bermain kurang optimal. Bahkan Rijkaard juga memasukkan Eidur Gudjohnsen untuk menambah daya gedor Messi dkk namun tidak juga menghasilkan satu gol yang akan meloloskan mereka.

Sedikit catatan unik bahwa gol yang dicetak Scholes menjadi unik buat gelandang tersebut karena gol pertama ia di Liga Champoin juga terjadi sewaktu melawan Barcelona pada tahun 1994 silam.

No comments: