January 24, 2010

Piala Afrika: Ghana ke Semifinal, Pantai Gading out

Dua tim favorit berbeda nasib di babak perempatfinal Piala Afrika. Ghana melenggang ke babak semifinal, sedangkan Pantai Gading yang harus pulang lebih awal karena takluk atas Aljazair lewat babak extra time.

Ghana sekaligus mengubur mimpi tuan rumah Angola untuk berjaya di kandangnya sendiri. Pada pertandingan mereka di Luanda, Senin (25/1/2010) dinihari WIB, Ghana menang tipis 1-0 lewat gol Asamoah Gyan di babak pertama.

Ghana membuktikan kemampuannya memetik kemenangan meski tidak diperkuat bintangnya, Michael Essien, yang tengah mengalami cedera lutut. Gyan menjadi pahlawan skuad Black Stars setelah tendangannya hasil assist dari Kojo Asamoah sukses merobek jala Fernandes Carlos pada menit 16.

Dengan kemenangan ini, Ghana berhak berlaga tampil di babak empat besar dan melawan pemenang partai perempatfinal lainnya antara Nigeria kontra Zambia yang baru akan digelar Senin (25/1/2010).

Sementara itu duel Pantai Gading versus Aljazair yang dilangsungkan di Cabinda berjalan lebih seru. Tiket semifinal yang diperebutkan kedua tim harus ditentukan lewat perpanjangan waktu setelah kedua tim bermain 2-2 di waktu normal.

Permainan di antara kedua tim relatif berimbang. Pantai Gading membuka keunggulan lewat Salomon Kalou di menit keempat, namun berhasil dibalas oleh Aljazair melalui Karim Matmour menjelang babak pertama usai.

Pantai Gading bak di ambang kemenangan setelah berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-89 via Abdelkader Keita. Namun Madjid Bougherra memupuskan harapan Didier Drogba dkk setelah berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol di menit 91. Skor sama kuat memaksa pemenang pertandingan harus ditentukan melalui babak perpanjangan waktu.

Hameur Bouazza akhirnya menjadi mimpi buruk Pantai Gading. Gelandang Aljazair ini sukses menanduk bola dan merobek gawang Barry Boubacar untuk yang ketiga di menit 93, sekaligus mengantarkan timnya ke semifinal Piala Afrika dengan skor akhir 3-2.

Di babak semifinal, Aljazair akan menantang pemenang antara partai Mesir melawan Kamerun yang akan dihelat hari ini.

No comments: