May 16, 2010

Messi Topscorer Liga Spanyol



Untuk pertama kalinya, Lionel Messi berhak menyandang gelar "El Pichichi". Penyerang Barcelona itu dinobatkan sebagai pencetak gol terbanyak Divisi Primera musim ini dengan 34 gol.

Jumlah gol Messi itu menyamai rekor gol terbanyak pemain Barcelona yang pernah diraih Ronaldo Luis Nazario de Lima. Ronaldo membukukan 34 gol pada musim 1996-1997. Rekor gol terbanyak La Liga masih dipegang Telmo Zarra ketika mencatat 38 gol bersama Athletic Bilbao pada 1950-1951.

Rekor baru Messi tercapai setelah ia mencetak dua gol ke gawang Valladolid pada laga terakhir La Liga musim ini, Minggu (16/5/2010). Ditambah dengan gol-golnya di kompetisi lain, secara total ia telah mencetak 47 gol di semua kompetisi yang diikuti Barcelona musim ini.

"Messi adalah pemain terbaik yang pernah saya lihat. Ia adalah salah satu yang terbaik (dalam sejarah sepak bola)," ungkap pelatih Barcelona, Josep "Pep" Guardiola.

Selain Messi dan Ronaldo, hanya ada tiga pemain lain yang pernah mencetak 30 gol atau lebih bagi Barcelona dalam satu musim Divisi Primera, yaitu Mariano Martin, Romario, dan Samuel Eto'o. Musim lalu Diego Forlan menjadi pencetak gol terbanyak dengan 32 gol.

No comments: