May 15, 2010

Penyelamatan Cech Kunci Kemenangan Chelsea



Sangat dominan atas Portsmouth, Chelsea cuma bisa menang 1-0. Meski Didier Drogba yang jadi penentu kemenangan, kunci sukses The Blues dalam final Piala FA tersebut adalah penyelamatan penalti Petr Cech.

Chelsea setidaknya punya lima peluang mencetak gol di babak pertama laga final Piala FA menghadapi Chelsea di Stadion Wembley, Sabtu (15/5/2010) malam WIB. Namun keunggulan tak kunjung datang buat The Blues karena lima peluang gol dimentahkan tiang dan mistar gawang.

'Si Biru' kemudian malah dapat ancaman nyata saat wasit menunjuk titik putih di muka gawang Petr Cech menyusul pelanggaran Juliano Belletti terhadap Aruna Dindane. Namun sepakan Kevin Price Boateng gagal mengubah kedudukan, bola yang diarahkannya bisa diblok Cech menggunakan kaki.

Tak lama setelah peristiwa tersebut Chelsea akhirnya membuka keunggulan. Tendangan bebas Drogba masuk ke gawang setelah terlebih dulu membentur tiang di menit 59. Chelsea pun menang dengan skor tipis 1-0.

"Penyelamatan penalti itu adalah momen kunci, karena lima menit setelahnya kami mencetak gol dan dari situ segalanya menjadi lebih mudah hingga akhir," sahut Carlo Ancelotti dalam wawancaranya dengan ITV seperti dikutip dari Football Italia.

"Kami tidak beruntung di babak pertama, itu bisa terjadi di sepakbola. Meski begitu, membentur mistar gawang lima kali dalam satu babak belum pernah terjadi sepanjang karir saya," lanjut mantan bos AC Milan itu.

Keberhasilan menjuarai Piala FA mengantar Chelsea mengukir sejarah dengan meraih dobel gelar pertamanya. Pekan lalu John Terry dkk lebih dulu memastikan menjuarai Liga Inggris, gelar Premier League pertama mereka sejak musim 2005/2006.

No comments: