May 22, 2010

Van Gaal Gagal, Mou Samai Happel dan Hitzfeld


Gelar juara Liga Champions yang diraih Inter Milan mengantarkan Jose Mourinho pada rekor baru. Pelatih asal Portugal itu menjadi pelatih ketiga yang berhasil menjuarai turnamen Eropa tersebut di dua klub berbeda.


Andai Inter kalah dari Bayern Muenchen pada final di Santiago Bernabeu, Sabtu 922/5/2010), rekor bagi Mourinho itu pasti sudah berpindah ke tangan Pelatih Bayern, Louis van Gaal. Van Gaal, yang pernah juara bersama Ajax pada 1995, dan Mourinho sama-sama pernah menggenggam trofi Liga Champions di klubnya masing-masing.

Gelar pertama Mourinho di Eropa didapatnya ketika ia melatih klub asal Portugal, FC Porto, pada 2004. Setelah itu, Mourinho berupaya mendapatkan gelar yang sama melalui Chelsea, tapi tak pernah kesampaian.

Mourinho harus menunggu dua tahun untuk membawa Inter menuju gelar tertinggi di "Benua Biru". Musim lalu, timnya tersingkir di babak 16 besar setelah dikalahkan juara bertahan Manchester United yang kemudian menjadi runner-up.

Kini prestasi Mourinho setara dengan dua pelatih lain yang pernah merebut titel kampiun Eropa di dua klub berbeda. Dua pendahulunya adalah Ernst Happel, yang sukses menjadi kampiun bersama Feyenoord pada 1969/1970 dan Hamburg (1982/1983). Pelatih asal Jerman, Ottmar Hitzfeld, menyusulnya bersama Borussia Dortmund (1996/1997) dan Bayern Muenchen (2000/2001).

No comments: