May 22, 2010

Milito Pahlawan Treble Winner Inter



Inter Milan menjuarai Liga Champions 2009-2010 setelah mengalahkan Bayern Muenchen 2-0, pada babak final, di Santiago Bernabeu, Sabtu (22/5/2010). Ini merupakan gelar Eropa ketiga mereka dan yang pertama sejak 1965.

Gelar ini juga adalah gelar ketiga Inter musim ini. Sebelumnya, mereka telah menjuarai Piala Italia dan Serie-A. Uniknya, semua gol penentu gelar tersebut, semuanya dicetak oleh Diego Milito.

Berikut adalah perjalanan Inter menuju treble.

Piala Italia
Piala Italia adalah trofi pertama Inter musim ini. Mereka meraihnya setelah mengalahkan AS Roma 1-0, pada final, di Olimpico, 5 Mei silam. Gol tunggal Inter dicetak oleh Diego Milito pada menit ke-40.

Serie-A
Hingga pekan ke-37, Inter memimpin klasemen dengan 79 poin atau unggul dua angka dari AS Roma di tempat kedua. Mengingat mereka kalah rekor pertemuan dengan Roma, mereka wajib memenangi pertandingan pekan ke-38, melawan Siena, 16 Mei lalu.

Pertandingan terakhir berjalan menegangkan. Pada babak pertama, mereka masih bermain imbang tanpa gol, sementara pada laga lain, Roma sudah unggul 2-0 atas Chievo Verona.

Namun, ketegangan berakhir melegakan. Inter berhasil membungkam Siena 1-0 berkat gol Diego Milito pada menit ke-57. Hasil tersebut membuat kemenangan 2-0 Roma atas Chievo menjadi sia-sia.

Liga Champions
Sejak awal, banyak pihak meragukan Inter bisa menjuarainya. Namun, setelah melewati babak penyisihan grup, mereka menciptakan banyak kejutan mencengangkan, yaitu menyingkirkan Chelsea dengan agregat 3-1 pada babak 16 besar dan Barcelona dengan agregat 3-2 pada babak semifinal.

Ditambah bekal Piala Italia dan scudetto, dua kemenangan itu semakin menggembungkan kepercayaan diri Inter saat menghadapi Bayern pada babak final. Meski kurang menguasai jalannya pertandingan, mereka bersikap tenang, sampai Milito berhasil menjaringkan bola ke gawang Jorg Butt sebanyak dua kali, pada menit ke-35 dan ke-70.

Dengan begitu, sepanjang 2009-2010, Milito telah mencetak 28 gol dari 50 penampilannya di ketiga ajang tersebut.

No comments: